Senin, 14 Oktober 2013

sakit hati? no more!

if it's broken- replace with the new one. no wonder there's a lot of broken hearted people lately. we don't use to repair things.. (Fatima Alkaff)


yep! setuju banget sama quote diatas karena keseluruhan kalimatnya gue banget. hari gini, siapa sih yang nggak pernah ngerasain sakit hati? siapa coba? semua orang yang pernah hidup dan bermasyarakat, pastilah pernah ngerasa sakit hati sama orang lain.
gue lumayan banyak denger cerita-cerita anak muda jaman sekarang yang hidup nggak jauh-jauh dari gue. entah selingkaran temen, sodara, atau temennya temen, atau temennya sodara, atau siapapun itu yang temen atau sodara gue ceritain ke gue. banyak dari mereka yang (kalo gue boleh menilai) nggak sayang sama diri mereka sendiri. nggak perhatian sama hati mereka sendiri. dan terlalu ketakutan buat menepi, sekedar buat bebenah hati. dari cerita yang gue dengar, kebanyakan dari anak muda itu setelah putus dari pacarnya, nggak pake waktu lama, langsung mulai hubungan dengan orang yang baru (yang kalo menurut gue, itu sakit hati masih dalem banget terasanya). tanpa mereka sadari bahwa kesakithatian mereka itu bisa jadi bom waktu yang setiap saat bisa meledug. gue tau mereka juga hancur, tapi mereka (kayaknya) nggak terlalu peduli dengan kehancuran itu dan lebih memilih untuk mencari sesuatu atau seseorang untuk men-distract perhatian dan sakit hati mereka terhadap mantan. buat gue, itu sesuatu yang nggak baik. simple, kalo tangan lu keiris pisau dan luka, pasti lu akan berusaha buat ngobatin dan nyembuhin jari lu itu dulu kan, dan bukan lanjut ngiris-ngiris lagi. yang ada, darah masih akan ngucur dari luka itu dan akan jadi makin sakit. sama kok kayak perasaan atau hati, kalo sakit ya disembuhin dulu, baru mulai ngerasaan lagi. dan ketika cerita-cerita itu datang lagi ke gue, ya nggak jauh-jauh, lagi-lagi mereka jatuh dalam kesakithatiannya. lagi-lagi ngerasa disakitin. ngerasa kalo pasangannya breng***, jahat, pk, atau apapun itu lah. begitu terus selama berulang-ulang. bisa dibilang kalo mereka nggak sembuh. dan hal itu malah jadiin mereka lebih sakit hati lagi, dan terus begitu. tinggal tunggu deh kapan meledaknya.
gue sebagai seorang manusia normal pun pernah kok sakit hati. dari mulai hal yang simple dan bisa hilang cuma dalam hitungan jam, atau bahkan pernah sakit hati parah yang sampe bertahun-tahun nggak ilang.
gue mau sedikit share tentang pengalaman gue sakit hati dalam konteks asmara (cielaaah, asmara. pret). yup, gue juga pernah tuh ngalamin yang namanya jatuh cinta, sayang sama seorang lawan jenis, dan kemudian patah hati. nggak cuma sekali, tapi ya nggak berkali-kali banget sih. itungan jari lah yang serius ngerasain mah. gue juga pernah kok ngerasain yang namanya putus, galau lah, sedih, cemburu, bahkan benci pernah gue rasain. tapi, entah kenapa gue ngerasa efek kesakithatian gue itu nggak cuma sebulan dua bulan aja, tapi sampe hampir lima bulan. yep, gue menyimpan akar kepahitan itu erat-erat. sampe pada akhirnya, gue memutuskan untuk melepas dan membuang segala kepahitan yang gue simpen sebagai buah sakit hatinya gue sama si mantan ini. susah. lama. dan jauh lebih sakit. tapi gue coba bertahan. gue juga berusaha menghadapi. gue nggak lari dari kesakitan itu. bahkan gue masih bisa ngeliat dan ngasih senyum ke si mantan setelah gue memutuskan buat berhenti total nge-benci doi. denial? sometimes. gue juga nggak mau munafik kok dengan bilang kalo itu semua tulus. at the first time, it being so much hard to do. dan setelah gue pikir-pikir lebih lanjut, denying itu salah ternyata. you can't completely cured with denying, but simply forgive and feel the pain before you let "it" go. setelah ngerasain krenyes-krenyes sakit hatinya, yang harus lu lakuin cuma maafin dia yang udah bikin hati lu jadi berkeping-keping dan... ikhlasin apapun yang pernah terjadi. let it go. let it fly away. setiap hari gue coba buat ikhlas. dan satu hal, gue terus konsentrasi sama diri gue sendiri. memberi lebih banyak ke diri gue. memperhatikan lebih sering ke dalam hati. dan tentunya gue berusaha buat maafin dan nerima lagi diri gue yang hancur berantakan itu. dan selama gue berkonsentrasi, gue bener-bener ngelakuin itu cuma sama diri gue sendiri dan Bokap. dan bersyukurnya, gue banyak disupport sama sahabat-sahabat gue yang ngerti gimana keadaan gue.
selama gue bebenah diri serta hati (yang kalo nggak salah makan waktu selama setahun lebih), I'm pretty sure not looking for another guy. not for some "move on" things, not also a guy that can distract me from my ex. i was focusing on my self. gue cuma mau sembuh. gue berusaha sembuh. dan tanpa adanya "that another guy" gue bener-bener bisa sembuh total. udah nggak ada lagi yang namanya nyesek-nyesekan pas denger namanya disebut. udah nggak ada lagi yang namanya benci pas liat mukanya. udah nggak ada lagi sisa-sisa kesakithatian itu. hilang total. and now, it's not a denial anymore. it's true. dan gue berani jamin buat nggak masukkin embel-embel masa lalu gue itu ke dalam hubungan gue yang baru, ketika nanti gue diizinin untuk punya seorang calon pasangan hidup.
well, last but not least, coba sembuhin hati dan diri dulu sebelum mulai merasakan lagi. nggak rugi kok nyembuhin diri dan hati sebelum memulai lagi. justru lu akan ngerasa lebih siap dan lebih bebas untuk ngerasa jatuh cinta lagi, tanpa bayang-bayang masa lalu yang menghantui.
mau bilang "ya itu kan elu Yu/Res. jangan sama-samain dong." yah, yang namanya sakit hati itu titiknya sama: di hati. yang diserang sama: perasaan. yang dibutuhin supaya nggak jadi korban lagi: sembuh.
emang nggak gampang, tapi kalo mau usaha, ngana-ngana semua pasti bisa.
and one more thing: NO MORE DENYING.
selamat mencintai! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar